Senin, 24 Februari 2014

Geliat Gunung Berapi Dunia 100 Tahun Terakhir

Belum lama ini Gunung Kelud dan Sinabung meletus, mengeluarkan isi bumi dan melemparnya hingga ke angkasa. Walaupun korban jiwa tidak banyak, namun dampak yang dihasilkannya sungguh luar biasa. Pemukiman tertutup debu. Jarak pandang menipis. Tanaman dan ternak mati. Para penduduk harus mengungsi. Banjir lahar dingin mengintai terutama di kala hujan sering turun. Langit menjadi gelap.

Di satu sisi saya kira kita perlu melihat ini sebagai bentuk kekuasaan alam yang besar. Kedahsyatannya berada di luar jangkauan manusia. Hal tersebut selayaknya menimbulkan rasa mawas diri. Mungkin saja Tuhan sedang memberikan ujian atau hukuman. Atau bahkan ini adalah pertanda kecil akhir zaman? Siapa yang tahu.
Di sisi lain kita perlu belajar dari sejarah. Memahami alam yang selama ini berdampingan dengan kita. Tahukah Anda kalau gunung Kelud meletus pada tahun 1919, menimbulkan korban ribuan orang? Tahukah Anda bahwa dari seluruh gunung yang meletus di dunia 100 tahun terakhir, setidaknya sepertiga ada di Indonesia atau sekitarnya. Kita perlu belajar mengenali negeri sendiri. Negeri yang kaya sumber daya sekaligus bencana. Harapannya, kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Pemulihan lebih cepat. Pendistribusian bantuan juga berjalan efektif tanpa hambatan.

Saya tergerak melihat penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Ingin membantu, tapi pikir-pikir juga. Bantuan uang sudah, tapi memberikan uang hanya menyelamatkan hari ini. Bagaimana dengan hari esok, apakah perlu dikasih uang lagi? Kalau tenaga, waktu dan jarak tidak memungkinkan. Maka saat ini cuma pengetahuan yang bisa saya share melalui internet. Pengetahuan tidak akan lapuk. Harapannya bisa berguna untuk memberi pengertian syukur-syukur jadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Jadi, inilah lokasi letusan gunung berapi terdahsyat selama 100 tahun terakhir. Yang dihitung hanyalah gunung dengan indeks VEI (volcanic explosivity index) 4 atau lebih besar. Data diambil dari wolframalpha.com.





Berikut adalah data sebagian gunung yang meletus. Lihat saja, banyak kan yang dari Indonesia dan sekitarnya.


Berikut adalah dampak kerugian yang diakibatkan letusan gunung berapi tersebut. Lihat saja, Gunung Kelud yang meletus hampir seabad lalu menimbulkan korban paling banyak!


Bonus buat para pembaca sekalian. Berikut gambar-gambar beberapa gunung di atas saat ledakan terjadi. Dahsyat. Satu kata saja cukup. Sisanya biar gambar-gambar ini bicara.

El Chichon-1982

Galunggung-1982
Awu-1966

Tungurahua-2011
Bukan efek bom atom. Kekuatan ini lebih dahsyat.
Pinatubo-1991
Mungkin saking epic nya, mereka sampai bikin perangko untuk mengenang fenomena ini
Hekla-1947
Lain dulu lain sekarang? Kegiatan yang lumpuh karena hujan abu bukan cerita baru
Kelud-1919

Sudah tampak bahwa bumi tempat berpijak ini tidak pernah tertidur. Sudah sepantasnya kita lebih bijak dalam menanggapi bencana yang terjadi sejak awal 2014. Penanganan secara dini mencegah kerugian yang besar bagi manusia, meskipun kita tidak bisa menghentikan kehendak alam. Jadi, ayo lebih waspada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar