Minggu, 02 Februari 2014

Harus Berapa Lama Berlatih Biar jadi Jago? Analisis Matematis Aturan 10.000 Jam.

Apa Itu Aturan 10.000 Jam?

Kata Malcolm Gladwell dalam bukunya, Outliers, seseorang bisa jadi jago dalam satu bidang setelah berlatih selama 10.000 jam. Sederhana, tapi aturan ini membuktikan bahwa practice makes perfect. Tidak peduli anda berbakat atau tidak, berlatih 10.000 jam memberikan Anda pengetahuan dan kemampuan mumpuni. Coba saja gambar, nyanyi, atau balap mobil selama itu. Lama kelamaan kepala Anda akan penuh (karena penat atau keranjingan) dengan hal berkaitan. Pada akhirnya Anda menjadi lebih ahli minimal karena jam terbang tinggi.

Sekarang kita bicara strategi. Anda ingin jago di bidang sesuatu dan ingin mengaplikasikan aturan 10.000 jam ini. Berapa lama Anda harus latihan per hari dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mencapai 10.000 jam?
Kalau dihitung kasar mungkin jawabannya gampang, 10.000 jam dibagi 24 jam/hari dibagi 365 hari/tahun. Jawabannya sekitar 1 tahun lebih 1,5 bulan. Tapi apa iya 24 jam latihan terus? Kan sebagai manusia kita perlu makan, tidur, dan melakukan kegiatan manusiawi lain hehe.

Analisis Matematis

Jadi disini saya bikin model persamaan matematika. Ada dua variabel, X dan Y. X menunjukkan jumlah jam latihan per hari dan Y adalah berapa tahun diperlukan untuk mencapai 10.000 jam. Diasumsikan latihan per hari jumlahnya sama. Sesuai yang orang katakan, latihan rutin itu lebih penting daripada latihan yang banyak namun jarang.

Persamaannya sebagai berikut: 
Y=10000/(X*365)

Anda bisa search pakai Google (ada fiturnya lho, langsung jadi grafik), atau lihat hasilnya pada gambar di bawah.
Grafik Y=10000/(X*365)
Nah ternyata hasil grafiknya demikian. Cara membaca grafiknya secara simpel adalah: "Jika saya berlatih selama X jam per hari, perlu waktu sepanjang Y tahun untuk menjadi ahli." Contoh yang super aja nih, jika saya berlatih selama 14 jam per hari, maka saya bakal ahli setelah 2 tahun. Luar biasa bukan?

Oh ya, latihan di sini kita definisikan sebagai seluruh kegiatan yang memerlukan kemampuan serupa. Misalnya Anda ingin jadi pemain bola: juggling bola, latihan menendang, sparring, sampai pertandingan termasuk dalam 'latihan'.

Sekarang lihat grafiknya lagi. Di awal-awal tampak bahwa kurva menurun tajam dan makin lama menjadi landai. Hal tersebut menunjukkan dua hal. Pertama, jarang berlatih membuat Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjadi ahli. Misalnya nih, jika Anda berlatih 2 jam per hari perlu 14 tahun untuk mencapai 10.000 jam. Sementara jika Anda berlatih 4 jam per hari, waktu yang diperlukan turun drastis menjadi sekitar 7 tahun! Selisih 2 jam per hari ternyata membawa dampak besar. Namun perlu diperhatikan juga bahwa ini hanyalah analisis matematis saja. Kedua adalah kasus sebaliknya. Terlalu banyak latihan juga tidak efektif. Perbedaan waktu antara 12 jam per hari dan 14 jam per hari tidak terlalu signifikan. Malah waktu Anda yang terbuang. 

Waktu Efektif

Untuk itu saya sengaja menandai zona efektif waktu latihan. Jika Anda berniat menerapkan aturan 10.000 jam saya sarankan untuk berlatih dalam zona tersebut. Mengapa? Karena dalam zona tersebut Anda dapat memperoleh 10.000 jam dalam waktu yang masuk akal. Dalam beberapa tahun Anda sudah bisa lihai di bidang tertentu. Terutama yang penting dalam hidup Anda. Saya bagi lagi zona efektif waktu latihan menjadi dua, yaitu waktu standar dan ekstrem. Semuanya tergantung berapa waktu yang mau Anda korbankan untuk mencapai tujuan. 

Kesimpulan

Dengan membaca ini, kita bisa menentukan strategi yang terbaik untuk mencapai sesuatu yang kita idamkan. Anda ingin menjadi penulis? Menulislah 6 jam per hari dan bersinarlah dalam 4 tahun ke depan. (Itu sebenarnya curhat harapan saya sendiri haha).
Have a nice day.

2 komentar:

  1. Halo,

    Untuk benar memperkenalkan diri, saya Pendeta Ken pemberi pinjaman i pribadi
    memberikan pinjaman pada tingkat bunga 3%. Ini adalah kesempatan keuangan pada
    pintu Anda langkah, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda. Ada banyak di luar
    ada mencari peluang keuangan atau bantuan seluruh
    tempat dan masih belum mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah
    kesempatan keuangan di depan pintu Anda langkah dan dengan demikian Anda tidak mampu
    melewatkan kesempatan ini. Layanan ini membuat untuk kedua
    individu, perusahaan, pria dan wanita bisnis. Jumlah pinjaman
    berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda Untuk informasi lebih lanjut
    hubungi kami melalui email: johnson_cook@blumail.org
    INFORMASI PERTAMA YANG DIPERLUKAN

    Nama Lengkap:
    Personal Nomor Telepon:
    Negara:
    alamat:
    negara:
    Umur:
    Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya ?:
    Status Pernikahan:
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman:
    Jangka waktu pinjaman:
    Pekerjaan:
    Penghasilan Bulanan:

    Saya dengan senang hati menunggu respon cepat Anda,

    Salam hangat,
    Mrs Lucy Oliver

    BalasHapus
  2. BAGAIMANA AKU MY BUSINESS PINJAMAN DARI OTAK MR DICKSON (dickson loanfirm@hotmail.com)
    Nama saya Alberto Blackwell saya tinggal di Ohio USA, Saya seorang pengusaha yang berhubungan dengan mobil machines.On hari faithfull toko saya mendapat dibakar dan semua properti saya hancur tidak ada cara bagi saya memulai hidup saya semua lagi saya putus asa dan frustrasi jadi saya datang secara online mencari untuk setiap perusahaan pinjaman atau perusahaan jika saya mungkin mengatakan begitu saya lihat banyak tidak tahu mereka tidak asli karena saya diajarkan satu mitra bisnis baik saya Mr Josh Babber dengan nama memperkenalkan saya ke cara yang sah dan mudah untuk mendapatkan pinjaman dan Perusahaan dia memperkenalkan saya untuk dimiliki oleh MR.DICKSON OTAK jadi saya menghubungi dia hanya untuk memberikan percobaan via Email :( dicksonloanfirm@hotmail.com) dan dalam waktu 20 jam hari yang sama saya mendapat pinjaman saya dari dia yang bagaimana saya bisa berdiri kembali di kakiku dan memulai bisnis saya lagi dan itu juga alasan saya berbagi kesaksian saya sehingga Anda semua pencari harus menghubungi dia dan juga membagikan kesaksian Anda seperti saya. Terima kasih Mr.Dickson Otak Tuhan memberkati Anda sehingga much.Once lagi KONTAK MR.DICKSON OTAK VIA EMAIL: dicksonloanfirm@hotmail.com atas bantuan Anda.

    BalasHapus