Sabtu, 11 Mei 2013

Kecepatan Berinternet di Indonesia

"Siapa yang tidak bisa mengenali perubahan dunia, akan hancur tergerus pergerakan zaman" - Saya sendiri


Berapa kecepatan internet Anda? Kalau penasaran, Anda bisa mengunjungi www.speedtest.net untuk menguji waktu ping, download, dan upload server terdekat. Waktu menulis ini saya sedang berada di kampus ITB. Uji yang sama saya lakukan terhadap koneksi internet di kampus.

Jarang-jarang cepat begini
Tercengang juga saya melihat hasilnya. Tidak ada maksud sombong ya. Justru sebaliknya. Bersyukurlah,
sungguh bersyukur kalau Anda di kampus atau di tempat kerja dapat koneksi internet seperti ini. Bukan maksud saya untuk bilang koneksi internet saya sangat cepat. Kecepatan di atas masih kalah dengan Jepang, Korea Selatan, Eropa. Hal yang ingin saya tekankan, koneksi internet ini jauh di atas rata-rata kecepatan internet Indonesia. Bahkan masuk 4% tertinggi dalam populasi.

Sudah rejeki barangkali karena infrastruktur backbone internet. Kecepatan rata-rata internet Indonesia menurut www.netindex.com adalah 2,46 Mbps (Data April-Mei 2013). Negara mana yang tercepat koneksi internetnya? Menurut situs yang sama, akses internet tercepat ada di Hong Kong. Jangan ditanya berapa kecepatannya bung. 45,91 Mbps! Dengan internet segitu cepat, bayangkan berapa banyak film dan MP3 yang bisa didownload, hehehe #mental pembajak.


Masih dilihat dari sisi statistik, persebaran internet di Indonesia kurang merata dari segi persebaran kecepatan akses tiap wilayah. Data dari www.pingdom.com menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan internet dengan bandwidth di bawah 2 Mbps. Sekarang kita sudah lihat fakta. Ingat janji-janji modem yang bertebaran dimana-mana? Penawarannya macam-macam. Ada yang menjanjikan kecepatan browsing 3,6 Mbps hingga 12 Mbps. Melihat kenyataan yang seperti ini, artinya para provider itu berbohong? Tidak.
Hanya saja Anda semua musti tahu, kecepatan yang ditawarkan itu adalah kecepatan maksimal. Hanya diperloleh dalam keadaan ideal saat bandwidth tidak terpakai. Kalo bisa bilang,"serius dulu bang!" kepada provider tersebut, pasti sudah saya lakukan dari dulu.
Tanda lingkaran menunjukkan keberadaan akses data internet. Semakin tua warna lingkaran, semakin bagus kualitas akses internetnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar